Advertising

Breaking News

10 Nasihat Alkitab Yang Tidak Boleh Kita Abaikan


Banyak sekali peringatan-peringatan dalam Alkitab yang kita abaikan begitu saja. Sekedar tau, namun tidak mengindahkan. Tuhan memberi kita peringatan-peringatan karena Ia mengasihi kita dan tidak mengerjakan sesuatu hal yang membuat kita dalam keadaan berbahaya. Jika kita telah terhindar dari bahaya karena mengindahkan setiap peringatan Alkitab, oleh karenanya kita juga harus membagikannya kepada sesama.

10 Nasihat Alkitab tersebut adalah sebagai berikut:

Jangan Pernah Malas


Tuhan membenarkan orang berdosa karena iman kepada Kristus dan bukan dengan melakukan hukum Taurat. Dan iman yang dimaksud adalah iman yang aktif. Kemalasan tidak mendapatkan tempat di Kekristenan. Dalam Roma 12 : 11, Paulus menginstruksikan “Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.” Iman tanpa adanya tindakan hakikatnya adalah mati. Oleh karena itu, kita harus sadar untuk tidak malas dalam cinta dan pelayanan kita kepada Kristus maupun orang lain.

Hindari Godaan Seksual


Amsal 5 memperingatkan kita tentang bahaya perzinahan. Pada ayat yang ke-5 dikatakan, “Kakinya turun menuju maut, langkahnya menuju dunia orang mati.” Perzinahan membawa kita mengarah kepada kematian kekal. Kita harus menghindari godaan seksual seperti itu supaya kita jangan kehilangan keselamatan karena kurangnya kedisiplinan.

Bertobat


Bukan hanya godaan seksual yang harus dihindari, tapi kita semua harus bertobat dari dosa yang telah kita lakukan. Sementara godaan belum tentu berdosa, saat kita telah melanggar perintah Tuhan, kita telah berdosa dan membutuhkan pertobatan. Pertobatan adalah tindakan berbalik dari dosa kepada Tuhan untuk meminta pengampunan dan kekuatan untuk menjalani kehidupan yang benar menurut perintah dan kehendak-Nya. Yesus memanggil orang-orang berdosa untuk bertobat.

Berhenti Berkata-kata yang Tidak Baik


Salah satu cara termudah untuk berbuat dosa adalah dengan mengucapkan kata-kata yang tidak baik. Kita diingatkan 1 Petrus 2 : 1, yaitu tidak mengucapkan ucapan yang tidak baik, yang jahat, menipu, dan memfitnah. Yakobus 3: 1 – 12 mengajarkan kita untuk selalu menjaga ucapan kita.

Lari dari Nafsu Orang Muda


Nafsu orang muda bukan hanya mengacu pada hal-hal seksual. Namun nafsu orang muda ini juga berbicara tentang ketidakdewasaan. Keinginan-keinginan daging yang ingin kita penuhi atas dasar nafsu belaka. Tidak berdasar kebutuhan dan kehendak Tuhan.

Menolak Ketidakpercayaan


Mau hidup bersama Allah diawali dengan pertobatan. Dan pertobatan tidak hanya dilakukan hanya sekali. Namun, pertobatan adalah dengan menolak penuh akan kehidupan tanpa Allah. Allah ada dan Ia berkuasa. Ia mau kita meninggalkan kefasikan dan kita hidup bijaksana dengan beribadah dan menyembahnya sesuai yang dikatakan Titus 2 :12 – 13.

Berhenti Mencuri


Kebanyakan orang tidak pernah merasa mencuri saat ia melakukannya. Sebagai contoh, kita sering mendownload aplikasi atau software secara illegal/tidak membayar, mendengarkan musik bajakan, dan lainnya. Orang Kristen diperintahkan untuk berhenti mencuri. Dan harus bekerja untuk hal-hal yang kita butuhkan dalam hidup (Efesus 4: 28).

Tahan Si Iblis


Yakobus 4 : 7 menginstruksikan “Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!” Namun, beberapa orang enggan untuk melawan iblis. Kita harus sadar bahwa “Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.” Lawanlah iblis dengan cara mendekat kepada Tuhan.

Takut akan Tuhan


Sebagai orang Kristen kita wajib untuk takut kepada Tuhan. Ia ada dimana-mana. Mata-Nya mengawasi kita 7/24. Setiap hari. Tuhan mengerti apapun kita yang kita lakukan. Dimana pun dan bagaimanapun kita menyembunyikan sesuatu dari-Nya, Ia pasti tahu dan mengerti. Oleh karena itu, tetap berbuat baik dan bertobat dari dosa-dosa yang telah kita lakukan, serta berusaha untuk menyenangkan hati-Nya.

Rendah Hati


Filipi 2: 3 mengatakan “dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri;” Ayat tersebut memperingatkan kepada kita untuk selalu bersikap rendah hati, tidak sombong dan tidak egois. Kita tidak boleh berlaku sombong kepada orang lain.

Itulah 10 peringatan Alkitab yang harus kita renungkan dan kita lakukan. Supaya kita terus berbuah di dalam Tuhan. 10 hal tersebut tidak selalu dapat dilakukan dengan mudah. Namun, jika kita mau berusaha dan terus memandang kepada Tuhan, kita pasti mampu melewatinya. Karena Tuhan kita adalah  Tuhan yang akan terus menyertai kita sampai kepada akhir zaman. Semangat!

No comments