Advertising

Breaking News

3 Hal Ini Wajib Kamu Terapkan Ketika Berdoa! Yuk Upgrade Doa Ke VersiTermutakhir



Mungkin pada saat ini kamu sedang menunggu jawaban dari doa atau bahkan mungkin kamu sudah putus asa dan kecewa dengan Tuhan karena doa mu tak kunjung dijawab. Seperti halnya software yang belum sempurna, barangkali doa anda banyak “bug” nya sehingga doa tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Untuk itu segera upgrade doa kamu ke versi yang sudah diperbarui. Bug yang sering

kita temui saat berdoa adalah egoisme, keinginan duniawi, mengasihi diri sendiri, dll. Lantas, metode apa saja sih yang dapat memperbaiki bahkan mengusir bug dari doa kita?

Doa Yang Benar (1.0)


Untuk menginstal versi ini kamu harus memahami “manual” nya terlebih dahulu, diantaranya:

Yohanes 15:7 “Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.”

Seringkali kita menggunakan ayat di atas untuk pegangan bahwa jika kita rajin beribadah, kita bisa meminta apa saja ke Tuhan dan doa kita akan dikabulkan. Padahal yang dimaksud di ayat ini lebih daripada itu, jadi jika kita tinggal di dalam Tuhan dan firman Tuhan tinggal di dalam kita maka apa yang kita kehendaki bukan lagi keinginan pribadi kita, tetapi kehendak Tuhan saja yang ada dalam hidup kita.

Jadi doa yang benar sebenarnya tidak untuk mengubah kehendak Tuhan dalam hidup kita, tetapi doa yang benar akan mengubah hati kita untuk mengerti maksud Tuhan dan memberi kekuatan kepada kita untuk melakukan kehendak-Nya.

Menjadi Doa (2.0)


Tuhan Yesus sudah mengajarkan kita sebuah doa yang sangat simpel tapi powerful sekali. Ya! Matius 6:9: "Doa Bapa Kami" dan ini menjadi core dari doa 2.0.

Alih-alih hanya doa yang sekedar kata-kata saja di doa 2.0 kita mengejawantahkan doa kita ke dalam tindakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Misal dalam ayat tersebut di sebutkan "Datanglah KerajaanMu jadilah kehendakMu, di Bumi seperti di Sorga". Kita seharusnya tidak sekedar memohon dan menunggu hal itu terjadi karena hal itu tidak akan terjadi jika kita hanya berdiam diri saja. Ada tertulis "Kerajaan Allah bukanlah tentang makanan dan minuman tapi tentang kebenaran, damai sejahtera dan suka-cita". Maka daripada itu, kita harus bertindak dan mengupayakan agar Kerajaan Allah hadir di Bumi yaitu dengan menyatakan kebenaran, menghadirkan damai sejahtera dan suka cita secara nyata dalam kehidupan kita. Dan ini bisa diaplikasikan di ayat-ayat selanjutnya sehingga apa yang kita doakan tidak hanya muncul di bibir saja tapi juga nyata dalam kehidupan kita.

Menjadi Jawaban Doa (3.0)


Jika kita sudah mengerti kehendak Tuhan dalam hidup kita. Kini saatnya kita masuk ke tahap yang selanjutnya, bukan lagi berdoa untuk diri kita sendiri tapi juga untuk orang lain. Lantas, bagaimana hidup kita menjadi jawaban doa bagi orang lain? Kita perlu mempersiapkan diri kita untuk menjadi jawaban bagi permasalahan di lingkungan kita. Jadi kita harus lebih peka lagi dengan sekeliling kita. Jangan hanya meminta sesuatu, akan tetapi kamu juga harus memberi sesuatu kepada orang lain lewat hidupmu. Bahkan, bisa saja Tuhan menggunakan hidupmu sebagai jawaban dari doa-doa atau jawaban dari masalah orang lain.

No comments