Advertising

Breaking News

3 Trik Atasi Gagal Fokus Saat Berdoa

Sudah tidak perlu dijelaskan lagi apa itu doa, setiap kita yang percaya kepada Tuhan pasti tau arti dan makna dari doa itu sendiri. Doa bukan sekedar sarana ketika kita berkomunikasi dengan Tuhan, namun doa merupakan napas bagi orang percaya.

Yang menjadi pertanyaan adalah "pernah tidak kalian gagal fokus saat berdoa?". Yang namanya manusia pasti pernah mengalami hal tersebut, lalu bagaimana cara kita supaya tidak gagal fokus saat berdoa? Ikuti trik berikut!

Cari tempat yang sunyi


Maksud dari point diatas bukan berarti kita cari tempat gelap loh ya guys. Sunyi di sini berarti sepi. Yaps! Terhindar dari keramaian. Cara ini mungkin terlihat aneh, tapi cara ini yang digunakan salah satu team Praise and Worship ternama "JPCC WORSHIP" supaya tetap terfokus pada doa - doa yang mereka panjatkan. Sedikit bocoran nih... setiap sebelum tampil manggung mereka selalu menyempatkan diri untuk masuk ke dalam satu ruang yang sunyi untuk berdoa. Nah, bagaimana dengan kalian guys? Cara ini boleh kalian gunakan apabila kalian tidak bisa berdoa di keramaian.

Memiliki hati yang bersih


Tuhan ingin agar kita mempunyai hidup yang bersih di hadapan-Nya tanpa dikotori oleh hal-hal yang tidak berkenan kepada-Nya.

“Oleh karena itu aku ingin, supaya di mana-mana orang laki-laki berdoa dengan menadahkan tangan yang suci, tanpa marah dan tanpa perselisihan.”

(1 Timotius 2:8).

(Firman Tuhan di atas tentu tidak hanya berlaku untuk laki-laki saja, tetapi juga untuk perempuan, walaupun firman itu dahulu ditujukan kepada laki-laki).

Dalam agama-agama/kepercayaan-kepercayaan lain, sangat ditekankan pentingnya kebersihan tubuh/jasmani ketika mereka menghadap Tuhan dalam doa mereka. Namun dalam kekristenan, kita dituntut untuk membersihkan hidup (hati dan pikiran) kita di hadapan-Nya.

Berdoalah dengan tidak bertele - tele


Berdoa dengan bertele-tele adalah cara berdoa yang tidak benar, karena orang menganggap doa itu seperti mantra. Mereka menganggap bahwa kuasa doa terletak pada “kata-katanya”. Semakin sering “kata-kata” dalam doanya diulang-ulang maka makin manjur lah doanya.

Padahal dalam doa Kristen, kuasa itu terletak pada Tuhan, dan akan diberikan-Nya jika kita berdoa dengan hubungan yang benar dengan Dia, bukan karena panjangnya atau indahnya kata-kata doa kita.

Doa merupakan hal yang penting bagi kita, kalau tidak ada doa bagaimana kita bisa berkomunikasi dengan Tuhan? Jangan pernah menganggap enteng doa ya sob. Demikian tiga trik singkat atasi gagal fokus dalam berdoa, semoga bermanfaat. Tuhan Yesus memberkati...

No comments