Advertising

Breaking News

4 Tata Cara Berdoa Yang Benar Menurut Alkitab

Berdoa bukan lagi menjadi hal yang asing bagi kita yang percaya kepada Tuhan. Dalam seharinya kita pasti berdoa kepada Tuhan, entah itu doa mau makan, bangun tidur, mau tidur ataupun akan melakukan suatu pekerjaan.

Mungkin yang kita tahu doa yang kita panjatkan hanya sebatas menyampaikan permohonan-permohonan saja, sejatinya doa memiliki banyak tata cara. Penasaran? Berikut tata cara berdoa yang benar menurut Alkitab...

Memuji dan memuliakan Tuhan


Memuji dan memuliakan nama Tuhan memang merupakan kewajiban setiap kita. Dalam hal berdoa pun Tuhan mau kita tetap memuliakan-Nya. Seperti dalam Matius 6: 9-10   Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu,
datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga”.

Nah, bagi kalian yang masih berdoa langsung minta ini itu, mulai sekarang kalian sudah harus belajar memuji dan memuliakan Tuhan lewat doa ya guys. Doa bukan ajang mengirim proposal permintaan, lebih dari itu doa adalah sarana kita mengobrol dengan Tuhan, mendengar dan berbicara. Ini adalah sebuah kebutuhan.

Menyampaikan permohonan


“Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya
dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;
dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. [Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.]”
- Matius 6:11-13

Dalam ayat tersebut, kita bisa tahu bahwa menyampaikan permohonan yang benar adalah

  • Memohon ampunan kepada Tuhan

    Manusia bukanlah makhluk yang paling benar dan selalu benar. Dalam kehidupan sehari – seringkali kita berbuat salah. Jadi, minta maaflah kepada Tuhan.

  • Meminta berkat
    Sebab Matius 18:19-20 berkata: “ Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apa pun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga. Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka."

    Sebenarnya Tuhan tahu setiap apa yang kita mau dan yang kita butuhkan, hanya saja Tuhan juga mau kita menyampaikan setiap apa yang kita perlukan kepada-Nya.


Formula doa “Dalam Nama Tuhan Yesus”


Dalam Yohanes 14:13-14 dikatakan bahwa

“dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya".


Alangkah baiknya apabila kita memperalaskan setiap doa – doa kepada Tuhan. Sebab banyak orang kurang tahu dan mngerti point ini, padahal point ini merupakan point terpenting dalam doa. Yang menjadi catatan, formula doa bukan mantra ya guys. Sekali lagi, formula doa merupakan landasan doa – doa kita.

Akhiri dengan kata amin


Kata amin memiliki makna “Ya Tuhan, aku percaya”. Jadi setelah kita berdoa, mari kita amini dan percayai bahwa Tuhan mendengar dan menjamah doa-doa kita.

 

Nah, itu tadi Heroes, tata cara berdoa yang benar menurut Alkitab. Mari kita jadi pendoa – pendoa yang benar menurut Alkitab dan sesuai perintah Tuhan. Semoga bermanfaat, God bless you!

No comments