Advertising

Breaking News

5 Tips Terbebas dari Kebiasaan Berbicara Kotor

Di zaman now, sikap dan perilaku baik semakin langka, Mengapa? Pasalnya, banyak orang entah itu muda maupun tua tidak menjaga attitude atau cara hidupnya dengan baik. Salah satu contohnya dalam hal berbicara, orang-orang zaman sekarang yang notabene dianggap lebih pintar dari orang-orang zaman dahulu, malah sering berbicara kasar dan kotor.

Berbicara kotor merupakan hal yang mudah dilakukan, namun sulit dihilangkan. Nah, pada kesempatan kali ini, GenerasiHero akan berbagi tips agar terbebas dari kebiasaan berbicara kotor, So, check this out!

Yakinkan diri sendiri bahwa berbicara kotor adalah hal buruk


Berbicara kotor punya beberapa tujuan atau fungsi, diantaranya mengekspresikan amarah, memberi penekanan pada sebuah hal, atau sebagai lelucon. Tapi apapun alasan dan tujuannya, berbicara kotor tetap merupakan kebiasaan buruk, karena bisa membuat kalian terlihat bodoh atau tidak terdidik, mengintimidasi, menyinggung orang lain, dan membuat orang lain tidak menghargai kalian.

Cari Tahu dan Hindari Penyebabnya


Semua orang punya hal yang menjadi pemicu untuk berbicara kotor. Misalnya karena macet, menunggu antrian, atau mungkin kalah dalam bermain game. Jika kalian tahu apa yang menjadi pemicunya, kalian bisa mencari cara untuk menghindari dari pemicu tersebut.

Berpikir positif


Berpikir positif adalah hal yang penting untuk berhenti berkata kasar, karena orang biasanya lebih sering berkata kasar ketika mengeluh akan sesuatu, berada dalam mood yang jelek, atau memang sering berpikir negatif. Dengan berpikir positif, kalian bisa menghilangkan alasan untuk berbicara kotor itu sendiri. Memang, belajar untuk berpikir positif tidaklah mudah, tapi paling tidak cobalah untuk berpikir postif.

Cari teman yang bisa membantu


Menceritakan masalah atau kesulitan kepada teman atau pasangan akan sedikit meringankan beban. Dengan memiliki teman yang bisa membantu, upaya kalian untuk berhenti berbicara kotor akan menjadi lebih mudah.

Gunakan kata lain sebagai pengganti kata kasar


Dengan menggunakan kata lain yang lebih sopan mungkin bisa membantu kalian dalam menghindari berbicara kotor. Contohnya apabila kalian kalah dalam bermain game, kalian bisa mengganti kata – kata kotor itu dengan kalimat “besok aku yang menang” atau apalah yang mungkin terlihat lebih enak didengar dan kata – kata yang bisa memacu diri kalian lebih baik lagi.

Pada hakikatnya Tuhan Yesus pun tidak menghendaki apabila kita berbicara kotor, sebab apabila kita berbicara kotor maka kita akan mengotori tubuh kita (tubuh manusia = bait Allah) Nah, itu tadi guys, lima cara supaya kalian atau orang – orang disekitar kalian berhenti berbicara kotor. Selamat mencoba, Tuhan Yesus memberkati..

No comments