Advertising

Breaking News

3 Manfaat Konflik dalam Hubungan Persahabatan


Setiap hubungan pasti tidak luput dengan yang namanya konflik. Banyak orang yang mengategorikan konflik menjadi 2 macam, yaitu konflik besar dan konflik kecil. Dalam hal persahabatan, konflik sering dianggap sebagai bumbu. Karena dengan adanya konflik, seseorang akan mengerti bagaimana sahabatnya dapat menyelesaikan konflik dengan tuntas tanpa menimbulkan konflik yang lain. Nah inilah ke-3 manfaat konflik dalam hubungan persahabatan.

Menyatukan

Konflik muncul karena tidak adanya sikap persatuan dan kesatuan dalam hubungan persahabatan. Sebuah hubungan bernama “persahabatan” yang menyatukan dua orang atau lebih ini tidak bisa dianggap dapat menyatukan beberapa karakter yang masing-masing orang miliki. Namun dengan adanya konflik, sikap toleransi dan mengalah dapat muncul dari pribadi dengan karakter yang berbeda-beda. Mengalah adalah kunci persatuan dalam setiap hubungan.

Menyadarkan

Konflik bermanfaat sebagai alat untuk menyadarkan seseorang. Asal kamu tahu, seorang sahabat yang baik tidak mungkin mengutamakan dirinya sendiri diatas kepentingan persahabatan. Ketika sahabatmu tidak kunjung berniat menyelesaikan konflik yang sedang kalian alami, berhati-hatilah. Bisa jadi, dia bukanlah seorang sahabat yang benar-benar tulus kepadamu. Sebuah hubungan itu dijalankan oleh dua orang atau lebih, tetapi jika hanya satu orang saja yang mencoba mempertahankannya maka hal itu tidak bisa lagi disebut sebagai “hubungan”.

Menumbuhkan

Ibarat sebuah pohon, hubungan persahabatan adalah pohon yang sedang tumbuh. Pohon yang tumbuh tanpa dipupuk dengan baik akan menghasilkan buah yang tidak baik pula. Maka dari itu konflik yang merupakan pupuk dalam persahabatan itu perlu ditaburkan, agar hubungan persahabatan itu dapat lekas bertumbuh dan menghasilkan buah yang baik. Setiap konflik memiliki pembelajaran yang berbeda-beda bagi setiap orang. Karena itu, semakin banyak konflik yang kamu hadapi bersama dengan sahabatmu, maka semakin banyak juga ilmu persahabatan yang sudah kalian dapatkan.

Nah, itulah ke-3 manfaat konflik dalam hubungan persahabatan. Walaupun memiliki manfaat, bukan berarti kamu dianjurkan untuk mencari-cari konflik dengan sahabatmu ya, Guys. Sebaiknya konflik itu harus tetap dihindari, karena tidak sedikit juga sebuah hubungan hancur akibat konflik yang tidak terselesaikan dengan baik.

No comments