Advertising

Breaking News

Sebal Dengan Seseorang? Baca 5 Ayat Alkitab Ini


Dalam hidup, tidak semua orang yang dikirimkan oleh Tuhan adalah orang-orang yang cocok dengan kita. Terkadang Tuhan mengirimkan segelintir orang yang “menyebalkan” untuk menguji kita. Menyebalkan sendiri berasal dari kata sebal, jadi arti menyebalkan adalah menimbulkan rasa sebal. Menurut pengalaman saya, orang-orang “menyebalkan” tersebut selalu mengusik kita saat sedang berada di zona nyaman. Mereka bertindak seolah tidak menginginkan kita berada di dalam zona nyaman.

Namun, tidak pernah kita pahami bahwa setiap orang yang Tuhan kirimkan ke hidup kita memiliki maksud dan tujuan tertentu. Ketika kamu sedang menghadapi orang yang “menyebalkan”, ke-5 ayat ini wajib kamu baca sekarang juga.

Efesus 4:2-3


“Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membatu. Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera:”

Ketika kamu menemukan seorang yang “menyebalkan” di hidup mu, berusahalah untuk menjaga hubungan baik dengannya. Karena inilah yang Tuhan inginkan, bahwa kita harus tetap menjadi satu. Yaitu, satu di dalam tubuh yang dikepalai oleh Yesus.

1 Samuel 16:7


“Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: ”Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.”

Yap, seperti firman diatas kita (manusia) memang terkadang tidak mengerti apa sebenarnya maksud dan tujuan Tuhan mengirimkan seseorang yang seolah-olah mengganggu hidup kita. Tetapi Tuhan sendiri melihat hati. Teguran dan himbauan yang seakan-akan terasa pahit itu akan menjadi pupuk agar kita bisa bertumbuh dan bertambah dewasa.

Ibrani 13:2


“Jangan kamu lupa memberi tumpangan kepada orang, sebab dengan berbuat demikian beberapa orang dengan tidak diketahuinya telah menjamu malaikat-malaikat.”

Jika kamu membantu seorang akan yang lain dengan tanpa embel-embel “imbalan”, dituliskan bahwa kamu tanpa sadar telah menjamu malaikat-malaikat. Ayat ini mengingatkan agar kita melakukan hal yang baik kepada semua orang. Ikutilah teladan Yesus dan tunjukkan kasih itu kepada orang-orang yang kamu rasa “menyebalkan” dalam hidupmu.

2 Petrus 1:3


“Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib.”

Tuhan, Allah Bapa kita yang berada dalam Kerajaan Surga akan selalu memberikan sesuatu yang berguna untuk kehidupan kita. Jadi apakah dia (seorang yang menyebalkan) itu berguna bagi hidup saya? Ya, Dia berguna! Sebab tidak ada satu hal pun yang terjadi karena kebetulan. Semua hal yang terjadi dalam hidupmu sudah dirancangkan oleh Tuhan, bahkan sebelum kamu lahir di dunia ini.

Matius 11:28


“Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.”

Kita, yang pada hakikatnya adalah manusia biasa, pasti memiliki rasa benci terhadap orang yang “menyebalkan” di hidup kita. Meskipun mereka memiliki maksud dan tujuan yang baik, bisa saja kelakuan mereka tidak membuat kita nyaman. Namun, kamu sudah mengetahui jika semua itu baik, apa yang Tuhan berikan kepadamu itu baik. Ketika kita merasa tidak kuat menghadapi orang-orang yang “menyebalkan” dalam hidupmu, datanglah kepada Tuhan maka dia akan memberikan kekuatan bahkan kelegaan kepadamu.

Itulah kelima ayat Alkitab yang akan membantu mu menghadapi orang yang “menyebalkan” di hidupmu. Menyadari tidak semua karakter bisa cocok dengan karakter kita, maka dari itu kita harus selalu berusaha mengkesampingkan sifat egois kita.

No comments